Pemdes Harus Bersinergi Dalam Pemanfaatan DD dan ADD

cabak-tlogowungu.desa.id – KOTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati mengatakan jika Dispermades sebagai koordinator tim fasilitasi Kabupaten, yang bertugas melaksanakan tugas dari bupati termasuk dalam pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Kepala Dispermades Muhtar mengungkapkan jika pola fasilitasi adalah dari aspek regulasi, bersama SKPD terkait dalam rangka menyusun kerangka regulasi itu.

” Pada tataran Pelaksanaannya, Dispermandes mempunyai tugas memfasiliatasi proses penyaluran dana desa dan ADD nya, ” jelasnya pada Lingkar Jateng usai acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Lembaga Desa di Pendapa Kabupaten (22/4) kemarin.

Setelah Dana Desa disalurkan, Muhtar menjelaskan jika pihaknya melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi. Selain itu ia meminta agar pemerintah desa mengkoordinasikan untuk Laporan DD, ADD dan sumber dana lainnya.

” Karena tidak konsisten untuk pengelolaan, makannya terjadi penyelewengan. Dari itu di adakan kegiatan peningkatan kapasitas aparatur desa beserta lembaganya, untuk dibimbing. Yang terpenting adanya sinergitas kepada kades, sekdes, bendahara desa, dan operator desa, untuk mengantisipasi dan memberikan solusi terbaik dalam rangka pengelolaan DD ataupun ADD, ” Tegasnya.

Untuk menjembatani terjadinya penyelewengan, dispermades memberikan pembekalan teknis dan manajarial untuk membangun karakter kerja yang solid dan profesional.

Meskipun demikian, untuk memaksimalkan DD beserta ADD, Dispermades harus melakukan pelatihan yang berjenjang terhadap pemerintah desa agar dapat memanfaatkan bersaran jumlah pendapatan desa. Selain itu dispermades harus melakukan monitoring dan pendampingan secara terstruktur untuk mengantisipasi adanya penyelewengan penggunaan dana desa. HC-19

Facebook Comments