Ritual Sedekah Bumi Desa Cabak, Telah di Mulai

cabak-tlogowungu.desa.id – (15/07) Sedekah Bumi Desa Cabak yang akan di laksanakan pada hari sabtu kliwon, 3 Agustus 2019 oleh para warga sudah mulai merencanakan acara-acara yang akan dilaksanakan untuk meramaikannya. Persiapan pun dilakukan oleh para warga. Mulai dari musyawarah pembahasan iuran, pembuatan pucak (sebuah rangkaian yang dibuat dari bambu), jadwal acara per wilayah RW dan masih banyak lagi yang lain.

Dari jumlah semua RW di Desa Cabak ini memiliki 8 RW dan 35 RT, terkadang per wilayah RT masing-masing mengadakan acara untuk meramaikan sedekah bumi tersebut, terkadang pula di tiap RW. Sementara jadwal acara sedekah bumi di Desa Cabak Kecamatan Tlogowungu meliputi :

  1. Kamis, 1 Agustus 2019 adalah Seni Wayang Kulit dengan Dalang SIGID ARYANTO, S.Sen dari Kabupaten Rembang dengan Dagelan JOLANG dari Kabupaten Blora.
  2. Sabtu, 3 Agustus 2019 adalah Kirab Jolen, Hajatan di Punden Pasar Legi, Tayub.

Ada dari wilayah di RW yang juga mengadakan acara untuk Sedekah Bumi. Seperti halnya yang diketahui sementara :

  • RW.05 Desa Cabak hari Minggu, 4 Agustus 2019 adalah Pagelaran Orkes, Senin 5 Agustus 2019 adallah Kethoprak SISWO BUDHOYO.

 

  • Dukuh Nganggrek, hari Rabu, 17 Juli 2019 adalah sholawat bersama HABIB ALI ZAINAL ABIDIN – Jepara, dengan Hadroh AL-HABSY dari Tayu Kab Pati.

Pada dasarnya sedekah bumi adalah sebuah wujud rasa syukur umat manusia atas karunia rejeki yang telah di terimanya melalui bumi ini oleh Yang Maha Kuas yang sehingga mereka mewujudkannya dalam sebuah ritual yang diberi nama oleh nenek moyang SEDEKAH BUMI. Har’s

Facebook Comments