Melalui Program Bursa Inovasi Desa, Camat Tlogowungu Kembangkan Produk Desa

CABAK-TLOGOWUNGU.desa.id, Tlogowungu –  Inovasi adalah sebuah kreatifitas warga untuk menciptakan sebuah produk yg ia kuasai dan berharap nantinya bisa meningkatkan taraf ekonomi warga tersebut. Bursa inovasi adalah salah satu karya terbaik utk menampung semua kreatifitas yg ada oleh warga tersebut agar nantinya bisa dikenal oleh publik dan bisa dilanjutkan dalam menunjang pemasaran produk-produk mereka. Baik itu di lokal maupun di luar. Dengan bursa inovasi ini sangat membantu warga yang di desa sehingga produk mereka pada akhirnya timbul dan di kenalkan kepada publik sehingga produk-produk mereka akhirnya timbul pada bursa inovasi tersebut.

Melalui bursa inovasi desa, Camat Tlogowungu mendorong para pemerintah desa untuk memaksimalkan Dana Desa (DD) pada aspek pemberdayaan. Sehingga, pemanfatan DD maupun alokasi dana desa (ADD) yang diterimanya tidak sekadar untuk pembangunan infrastruktur, tapi juga pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Sehingga nantinya, DD dan ADD yang diterima oleh desa setiap tahunnya mencapai ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Namun, dalam pemanfaatan dana tersebut semua desa belum maksimal.

Dari tahun ke tahun, semua desa hanya untuk pembangunan fisik (infrastruktur) berupa pembangunan jalan atau pembangunan talut dan bangunan-bangunan lainnya.

Drs. Jabir, MH. Selaku Camat Tlogowungu juga menyampaikan disela-sela kegiatan, selasa (30/7/2019) bahwa sebagaimana komitmen yang telah dibuat oleh masing-masing desa yang diterapkan kepala desa di kecamatan tlogowungu yaitu untuk pengembangan pembangunan di wilayah Tlogowungu untuk hal ekonomi dan SDM. Sehingga, pembangunan tidak hanya terfokus pada infrastuktur, karena mayoritas juga sudah memadahi. Yang lebih penting lagi adalah diarahkan pada pemberdayaan ekonomi desa. Sehingga masyarakat bisa terangkat kesejahteraan dan perekonomiannya.


Kegiatan bursa inovasi Tlogowungu ini diikuti oleh 15 desa yang ada di Kecamatan Tologowungu. Dengan harapan agar setiap desa dapat memberdayakan potensi yang ada. Karena, Kecamatan Tlogowungu mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan memalui tangan-tangan kreatif dan inovatif.

Salah satu unggulan di Tlogowungu yaitu adanya wisata alam pohon pinus dan produk kopi dengan berbagai macamnya. Selain itu juga batik, asli dari Desa Cabak, yang nantinya akan dibantu marketingnya.

Ke depan, dengan adanya bursa inovasi desa di Kecamatan Tlogowungu ini, berbagai produk yang ada bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, mampu mengangkat perekonomian masyarakat desa. Itulah harapan semua pihak. Tandasnya. Har

Facebook Comments