Kegiatan Pendataan UMKM di desa Cabak oleh mahasiswa KKN IK IAIN Kudus

Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu 09/09/2021 Mahasiswa KKN IK IAIN Kudus mengadakan progam KKN yakni pendataan UMKM karena setelah melakukan survey potensi dan permasalahan terdapat potensi UMKM di Desa Cabak. namun, potensi ini belum terdata dengan baik dari mulai modal, sumber bahan baku, tenaga kerja, keuangan, wilayah pemasaran, omset, tahun berdiri usaha, dan kendala-kendala yang dihadapi.
oleh karena itu mahasiswa KKN IK IAIN Kudus melakukan pendataan UMKM dengan tujuan memberikan gambaran potensi dan permasalahan UMKM yang nantinya dapat direncanakan lebih lanjut untuk meningkatkan perekonomian desa cabak.

Berdasarkan hasil pendataan UMKM diketahui terdapat kurang lebih 20 UMKM di Desa Cabak, yaitu UMKM makanan ringan, mebel, salon kecantikan, dan catering makanan. dan untuk kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM Desa Cabak mayoritas adalah modal dan pemasaran. oleh karena itu, mahasiswa KKN Desa Cabak tidak hanya mendata dan menganalisis potensi dan masalah melainkan juga mengadakan edukasi kepada pelaku usaha UMKM di Desa Cabak.