INSDUSTRI BERSKALA RUMAHAN DESA CABAK

Memulai usaha kuliner dengan menjalankan usaha rumahan atau home industri bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki tambahan penghasilan tanpa harus mengeluarkan modal yang terlalu besar. Home industri biasanya menggunakan peralatan-peralatan yang sudah tersedia di rumah, oleh sebab itu Anda bisa segera memulai usaha ini.

Pendataan Home Industri oleh KKN-IK 2021 IAIN KUDUS

Bisnis Makanan ringan merupakan bisnis berskala rumah tangga yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan ringan terus mengalir. Melihat penikmat makanan ringan, tidak hanya anak-anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan jika pelaku bisnis makanan yang sering disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan.

 

Pilihan ide usaha home industri

Ada banyak pilihan usaha kuliner untuk home industri, namun Anda bisa mulai dengan memproduksi makanan ringan tradisional yang bisa bertahan lama. Ini beberapa ide usaha kuliner untuk Anda.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbukti memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia. UMKM memiliki peranan penting dalam pembangunan nasional, yaitu penyerapan tenaga kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan, peningkatan ekspor nonmigas, serta peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB). Permasalahan yang sering dialami  oleh  pelaku  usaha UMKM  adalah  keterbatasan  modal  kerja,  kapasistas  sumberdaya manusia yang sangat rendah dan minimnnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara umum berdampak pada prospek usaha yang tidak jelas. Maka diberikannya sosialisasi pada UMKM agar usaha yang dijalankan mampu bertahan di pasar dan semakin berkembang lebih baik lagi dengan memperhatikan product, place, promotion, dan price dari produk yang ditawarkan.

Di masa pandemi COVID-19 ini masyarakat kecil sangat terdampak sekali khusunya di masalah ekonomi. Alhamdulillah Desa Cabak perlahan sudah mulai menata kembali ekonomi yang kian merosot karena imbas dari wabah COVID-19 ini semoga dengan makin banyaknya warga desa yang mempunyai usaha kecil sehingga tidak menutup kemungkinan ekonomi desa pun akan bangkit kembali.

 

Beberapa Home Industri Berskala Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

1. Lovatya Snack & Bakery

merupakan produk yg menyediakan jasa bolu hantaran yg dikelola di rumah oleh ibu Sri Rejeki Agustyanti. Lovatya Snack & bakery menyedikan berbagai variasi, dari mulai bolu hantaran maupun kue ulang tahun dengan sesuai permintaan pemesan.

Lovatya Snack & Bakery Desa Cabak, Dk. Nganggrek 01/08

 

 

Domisili : Desa Cabak, Dk. Nganggrek 01/08

 

2. Nyamian Cap Kupu

merupakan produk olahan rumahan yg dikelola mandiri oleh ibu Suniti di Desa Cabak Tlogowungu Pati. Nyamian cap kupu menyediakan berbagai aneka nyamian, yaitu ceriping pisang raja, Pipit, byar, ketela madu, pohong, talas, sukun, emping jagung, keripik tempe dan kacang bawang. Nyamian cap kupu menerima pesanan sesuai permintaan pembeli.

Nyamian Cap Kupu Ds. Cabak, Dk. Ndawung 02/03

Domisili : Ds. Cabak, Dk. Ndawung 02/03

 

3. Rizky Meubel

merupakan usaha mebel yang  dikelola rumahan oleh Bapak Runoko di Desa Cabak Tlogowungu Pati. Rizky mebel memproduksi berbagai perlengkapan rumah tangga yang terbuat dari kayu, mulai dari jam dinding ukir, almari, meja, kursi, pintu dan furniture perlengkapan rumah tangga yang lain.

Rizky Meubel Ds. Cabak Dk. Krajan 03/05

Domisili : Ds. Cabak Dk. Krajan 03/05

 

4. Yoiqi Aneka Snack

merupakan produk olahan rumahan yg dikelola oleh ibu Sukati di desa Cabak Tlogowungu Pati. Yoiqi Snack  menyediakan aneka Snack, mulai dari emping jagung, kacang bawang, kripik potato, dan kripik kentang. Yoiqi Snack menerima pesanan sesuai permintaan.

Yoiqi Aneka Snack Ds. Cabak, Dk. Krajan 03/05

Domisili : Ds. Cabak, Dk. Krajan 03/05

 

5. Cempaka Rias & Wedding

merupakan usaha jasa rias pengantin dan salon kecantikan yang dikelola pendirinya yaitu ibu Sri Kustini di Desa Cabak Tlogowungu Pati. Cempaka rias & wedding menerima jasa panggilan rias pengantin dengan harga yang terjangkau dan hasil yang memuaskan.

Cempaka Rias & Wedding Ds. Cabak, Dk. Nganggrek 01/08

Domisili : Ds. Cabak, Dk. Nganggrek 01/08

 

6. Rengginang Jaya

merupakan produk olahan yang dikelola oleh ibu Rumini di Desa Cabak Tlogowungu Pati. Rengginang Jaya mempunyai olahan variasi produk diantaranya rengginang dan kerupuk. Rengginang Jaya menerima permintaan pesanan sesuai keinginan konsumen.

Rengginang Jaya Ds. Cabak, Dk. Soko

Domisili : Ds. Cabak, Dk. Soko

 

7. Caca Snack

merupakan usaha Snack makanan ringan yang dikelola oleh ibu Nur Sa’adah di Desa Cabak Tlogowungu Pati. Caca Snack menyediakan Snack berupa peyek degan berbagai variasi isian kacang, dari mulai kacang tanah, kacang hijau dan kacang tunggak dengan rasa gurih dan nikmat. Caca Snack menerima jasa pemesanan sesuai jumlah permintaan konsumen.

Caca Snack Ds. Cabak, Dk. Gerot 02/02

 

Domisili : Ds. Cabak, Dk. Gerot 02/02

 

8. Ajie Tempe

merupakan usaha yang memproduksi tempe dari kacang kedelai. Ajie tempe dikelola oleh ibu Parsiti di Desa Cabak Tlogowungu Pati. Ajie Tempe memiliki 2 varian produk yaitu tempe dan keripik tempe. Ajie Tempe juga menerima pesanan sesuai permintaan konsumen.

Ajie Tempe Ds. Cabak, Dk. Gerot 02/02

 

Domisili : Ds. Cabak, Dk. Gerot 02/02

 

9. MINDEL MADU

merupakan usaha yang memproduksi Rengginan, menerima pesanan Madu dan menyediakan madu. Dikelola oleh ibu SUKARMI di Desa Cabak RT.02 RW.05 Dk Krajan Tlogowungu Pati. Mindel Madu juga menerima pesanan sesuai permintaan konsumen.

Jika produk kuliner home industri Anda sudah siap untuk diperjualbelikan, Anda bisa memanfaatkan BUMDes agar calon pelanggan Anda bisa dengan mudah memesan dan membeli produk usaha kuliner Anda. Selamat mencoba!

 

Link Website Kementrian  Koperasi dan UMKM : https://kemenkopukm.go.id/

Link Data UMKM : http://umkm.depkop.go.id/

 

Pendata Home Industri :

KKN-IK 2021 IAIN KUDUS

Program Study : Hukum Ekonomi Syariah

Nama : Rika Sunani, Nira Ainun Ni’mah