Pentingnya Talud dan Drainase Bagi Lingkungan Perkampungan

Dalam dunia konstruksi, pembangunan darinace juga adalah salah satu yang mesti diperhatikan. Drainace adalah  salah satu fasilitas dasar sebagai salah satu sistem untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini merupakan kompenen penting dalam perencanaan kota, khususnya dalam perencanaan konstruksi infrastruktur.

Drainace merupakan infrastruktur yang dibangun sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah. Dalam hal ini, drainace itu sendiri berkaitan erat dengan sanitasi. Yang mana, drainace adalah infrastrukut yang dibuat dan dimaksudkan untuk  pembuangan kelebihan air yang tidak di inginkan pada suatu daerah. Ini juga berkaitan dengan penaggulangan akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan air tersebut.

Pelaksanaan Pembangunan Talud dan Drainase di Dk Krajan RT.02 RW.05 Desa Cabak

 

Adanya sistem drainase di perkotaan sangat diperlukan, karena hal tersebut berkaitan dengan kesehatan, kenyamanan dan keasrian daerah pemukiman khususnya dan daerah perkotaan tersebut. Jika tidak ada genangan air, banjir dan pembuangan limbah yang tidak teratur, maka kualitas hidup penduduk di wilayah bersangkutan akan menjadi lebih baik.

Pelaksanaan Pembangunan Talud dan Drainase di Dk Krajan RT.02 RW.05 Desa Cabak

 

Berikut ini adalah beberapa fungsi terkain adanya pembangunan draince di perkotaan:

  • Untuk mengurangi meluapnya air yang berlebih dari suatu kawasan atau lahan. Hal ini dapat membuat suatu lahan dapat difungsikan secara optimal.
  • Sebagai pengendali air kepermukaan,  drainace dapat memperbaiki daerah becek, genangan air atau banjir.
  • Menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal.
  • Mengendalikan erosi tanah, kerusakan jalan dan bangunan yang ada.
  • Mengendalikan air hujan supaya tidak meluap dengan berlebihan sehinga tidak terjadi banjir.

 

Pelaksanaan Pembangunan Talud dan Drainase di Dk Krajan RT.02 RW.05 Desa Cabak

 

Pembangunan Drainase di Desa Cabak yang berlokasi di Dk Krajan RT.02 RW.05 dan Dk Gerot RT.03 RW.02 Desa Cabak juga terlaksana dengan capaian target sebanyak 80%. Sehingga dapat dilhat fungsi dan manfaat dari pembangunan tersebut bagi masyarakat.

 

Pelaksanaan Pembangunan Talud di Dk Gerot RT.03 RW.02 Desa Cabak
Pelaksanaan Pembangunan Talud di Dk Gerot RT.03 RW.02 Desa Cabak