Pelaksanaan Vaksininasi Covid-19, 23 November 2021 di Desa Cabak

Vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih  berlangsung. Vaksinasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terpapar suatu  penyakit.

pada perubahan, Sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi dan merupakan pandemi. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, dengan memberikan vaksinasi.

Vaksinasi dilakukan pemerintah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, vaksinasi Covid-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko Anda untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil, dan jika seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun. Mendorong terbentuknya herd immunity, seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 60 tahun.

Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil. Bila diberikan secara massal, vaksin COVID-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (Herd Immunity) dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan system imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

Sehingga pada tanggal 23 November 2021 kemarin, Pemerintah Kecamatan Tlogowungu bekerjasama dengan UPT Puskesmas Tlogowungu, Pemerintah Desa Cabak, Polsek Tlogowungu, Koramil Tlogowungu, Karang Taruna Kecamatan Tlogowungu, mengadakan Vaksinasi Covid-19 dengan target dosis vaksin 1 yang rencana awal ditujukan kepada Lansia umur 60 tahun ke atas. Namun pada akhirnya ada perubahan penerima target yaitu untuk usia mulai 12 Tahun keatas termasuk lansia, namun tetap ditargetkan untuk Dosis Vaksin 1.

 

 

Jenis pemberian vaksin pada tanggal 23 November 2021 kemarin adalah AstraZeneca untuk usia 18 tahun, Pfizer untuk usia 12 Tahun dan Lansia semua dengan dosis 1. Sehingga pada pelaksanaannya terdapat Pemanfaat Vaksin dengan jumlah Lansia 44 orang, Umum 287 orang dengan Dosis 1. Upaya untuk mempercepat memutus rantai penularan Covid-19, Pemerintah Kecamatan Tlogowungu bekerjasama dengan UPT Puskesmas Tlogowungu, Pemerintah Desa Cabak, Polsek Tlogowungu, Koramil Tlogowungu, Karang Taruna Kecamatan Tlogowungu akan melaksanakan kembali Vaksinasi Covid-19 kepada semua umur yang rencana akan diselenggarakan pada tanggal 2 Desember 2021 yang bertempat di Balaidesa Cabak dengan Jenis AstraZeneca untuk dosis 1 dan 2, Pfizer untuk dosis 1 dan 2 serta Sinovac khusus untuk dosis 2.