BIDANG PERTANIAN

Produk dari desa selalu dinanti di kota. Namun apakah di era modern seperti ini, perkotaan masih membutuhkan produk dari desa? Jawabannya iya. Ada beberapa potensi desa yang masih dapat dikembangkan di era modern saat ini. Dengan bantuan internet, jangkauan promosi serta distribusi produk dari desa bisa mencapai wilayah yang lebih luas lagi dan tentu saja dengan biaya yang lebih minim.

  1. Penghasil Buah

Yang satu ini mulai menjadi kebutuhan yang sangat diminati oleh semua kalangan masyarakat. Semua banyak diminati masyarakat karena manfaatnya. Manfaat buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Umumnya, semua buah mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat manfaat buah untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisinya menjaga tubuh tetap sehat, juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat zat kimia yang masuk dan menyebabkan gangguan.

Penanaman buah-buahan semakin di galakkan oleh masyarakat sendiri untuk meningkatkan kebutuhan ekonomi mereka. Tanaman yang banyak menghasilkan buah produksi banyak dibudidayakan oleh masyarakat, seperti halnya :

1. Rambutan;

2. Durian;

3. Pisang ;

4. Alpukat;

5. Kelapa.

 

Pada dasarnya buah-buahan ini dapat menjadi potensi desa yang sangat baik untuk dikembangkan sebagai produk unggulan desa yang dikelola oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonomi mereka sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa

  1. Pertanian

Selain penghasil buah, hasil pertanian juha menjadi produk unggulan dan menjadi potensi desa yang bisa di kembangkan. juga peternakan organik, produk kesenian seperti karya seni juga bisa menjadi potensi desa yang bisa dikembangkan. Dengan perpaduan dengan penggunaan internet, produk pertanian mampu menjangkau konsumen yang lebih jauh dan diharapkan juga mampu mencapai pasar internasional sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Produk-produk pertanian yang banyak dihasilkan dan dikelola oleh masyarakat desa banyak meliputi :

1. Ketela Pohon;

2. Padi

Produk pertanian lainnya yang juga dapat ditingkatkan sebagai potensi desa adalah produk budaya berupa penampilan yang mana bisa dikaitkan dengan potensi desa

Facebook Comments