BIDANG PETERNAKAN

Usaha sampingan dari masyarakat Desa Cabak meliputi kegiatan peternakan, kegiatan pemanfaatan pekarangan, dan industri ruamh tangga.

Peternakan yang terdapat di Desa Cabak yaitu meliputi Peternakan Sapi, Kambing, Ayam, Bebek.

  • Sapi

Di Desa Cabak peternakan sapi banyak dikelola secara pribadi oleh masyarakat. Hal ini dapat dijumpai di hampir tiap kepala keluarga, bermacam-macam jumlah ekor yang di kelola dan dirawat warga desa. Mereka menjadikan sapi ini sebagai bagian dari investasi warga, baik nantinya untuk biaya keluarga, menyekolahkan anak, mantu dan sebagainya. hal ini menjadi potensi desa bagi perkembangan ekonomi masyarakat, hanya perlu sentuhan dari dinas-dinas peternakan agar menjadi tolok ukur pengembangan ekonomi warga yang seharusnya sapi dalam proses perawatan dan pengelolaannya dalam enam bulan yang seharusnya di perjual belikan.

 

  • Kambing

Seperti halnya sapi, Peternakan Kambing juga dikelola secara pribadi. Banyak pula warga yang beralih usaha peternakan kambing ini sabagai pendapatan untuk meningkatkan ekonomi mereka.

 

  • Ayam Kampung

Peternakan ini dikelola secara pribadi, dan secara umum setiap rumah tangga (KK) mempunyai ternak ini, dan tidak sedikit pula warga yang jual beli dari ayam tersebut. Mereka mengembangkannya dengan cara mengawinkannya dengan ayam lokal maupun ayam blesteran yang nanti harapannya anak-anak ayam tersebut menjadi berkualitas. ada pula warga yang beralih beruha ayam pedaging.

 

  • Bebek/ Itik

Peternakan ini dikelola secara pribadi, dan ada pula yang mempunyai usaha budidaya bebek tersebut dengan bergabung dengan pengusaha besar.

Selain kegiatan peternakan diatas untuk meningkatkan sumber ekonomi keluarga juga melakukan pengelolaan pekarangan, antaralain penanaman pohon pisang, kakao/ coklat, toga (tanaman obat keluarga), dan warung hidup sehingga hal ini menjadi potensi desa.

Facebook Comments