Pendidikan, salah satu sektor Potensi Desa

  • Jan 05, 2023

Potensi desa, merupakan segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang terdapat di desa. Dimana semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan dan perkembangan desa. Ketika kita mendengar kata potensi desa, pasti langsung mengarah ke suatu desa yang akan dikembangkan menjadi desa wisata atau desa yang mempunyai kategori berkembang dengan memanfaatkan sumberdaya alamnya. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja, melainkan juga sektor-sektor lain seperti ekonomi, pendidikan, sosial, lingkungan dll yang juga ikut dikembangkan.

Dalam mengembangkan potensi di suatu desa tidaklah mudah, idealnya kita mengutamakan perencanaan yang matang dan tepat guna serta efektif dan juga efisien. Hal tersebut juga tidak lepas dari peran masyarakat dan pemerintah yang saling bahu-membahu dalam mengembangkan potensi desa. Secara umum tujuan dari adanya pengembangan potensi desa adalah untuk mendorong kemandirian masyarakat yang ada di desa tersebut melalui pemberdayaan masyarakat seperti halnya mengadakan pelatihan, inovasi alat baru, sosialisasi tentang cara pengolahan suatu produk dll. Tentunya hal tersebut demi kesejahteraan masyarakat di desa tersebut. Seperti halnya di Desa Cabak.

Desa Cabak adalah salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan tlogowungu Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan kondisi geografis, Desa Cabak memiliki luas  ±420,00 Ha, terdiri atas tanah sawah, tanah pertanian, tanah pemukiman dan tanah pekarangan. Desa Cabak memiliki 12 dusun, yang terdiri dari 8 RW dan 35 RT. Dilihat dari topografinya, Desa Cabak merupakan daerah dengan potensi mata air sedang. Sumber air bersih Desa Cabak bersumber dari sumur galian dengan jumlah 140 unit sumur untuk dimanfaatkan oleh kuang lebih ±1.600 KK. Penduduk Desa Cabak bulan Desember 2022 berjumlah 7.065 jiwa, dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 1.600 KK, dan kepadatan penduduk 970,47 / km2.

Ketika kita berbicara mengenai potensi, pasti akan merujuk pada segala sesuatu yang dapat mendukung pembangunan dan dapat dikembangkan kearah yang lebih baik. Sedangkan permasalahan akan merujuk pada segala sesuatu yang menghambat pembangunan dan pengembangan desa. Dari proses identifikasi potensi dan masalah kita dapat mengetahui kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan maupun menyelesaikan masalah yang ada di desa. Di Desa Cabak sendiri, Pemerintah Desa ikut menggalakkan program-program pemberdayaan kepada masyarakat dalam beberapa sektor sebagai berikut:

1. Sektor Pendidikan

  • Pendidikan Keaksaraan: untuk melatih penduduk dalam mengenali dan memahami aksara yang diantaranya adalah belajar membaca Al-Qur’an bersama, belajar makhrajil huruf, dan ilmu tajwid.
  • Literasi bahasa Arab: meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai cara membaca tulisan Arab dengan baik dan benar, serta memperkenalkan sedikit demi sedikit bahasa Arab yang mudah dihafal dan dipahami oleh anak-anak usia dini.
  • Pelatihan Anyaman

 

2. Sektor Ekonomi Kreatif

  • Pelatihan Membuat Pencatatan dan Laporan Keuangan : untuk melatih para pemilik usaha agar dapat melakukan kalkulasi, mengontrol serta mengatur keseluruhan transaksi keuangan yang terjadi dalam keberlangsungan dunia usahanya.
  • Pelatihan Kewirausahaan Masyarakat: untuk meningkatkan para pelaku usaha, dengan melibatkan dan memanfaatkan para Mahasiswa KKN, tidak hanya para pelaku Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM), namun juga pengusaha pemula dan para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya.

 

3. Sektor Pertanian

  • Pembentukan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) : membantu masyarakat untuk mengembangkan varietas unggul di sektor pertanian agar dapat mendongkrak pendapatan para petani disana.

 

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan potensi desa melalui pemberdayaan masyarakat, di Desa Mekarjaya perlu adanya partisipasi dan dukungan yang baik dari masyarakat maupun Pemerintah Desa Mekarjaya untuk mengembangkan potensi guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Selain itu pemerintah desa juga harus membekali masyarakatnya dengan ilmu berupa kemampuan dan ketrampilan untuk bisa berinovasi menciptakan produk baru yang nantinya dapat menjadi potensi yang dapat dikembangkan menjadi desa sentral industi dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Cabak Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati.