Aksi Kembangkan Potensi dan Higienitas UMKM, Mahasiswa KKN Tim II Undip Lakukan Evaluasi dan Edukasi Mengenai Pentingnya Handling dalam Membuat Produk Makanan

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Pati (16/7/2023) – Rumitnya pelaksanaan usaha yang dirintis oleh Masyarakat membuat mereka cenderung berfokus pada distribusi produk saja. Permasalahan ini terkadang dapat menyebabkan para penjual kurang memperhatikan keamanan dan higienitas makanan saat proses produksi dilakukan. Terlebih pada masa sekarang ini begitu banyak kompetitor yang memiliki daya saing yang cukup tinggi, ditinjau dari kualitas serta persentase keamanan yang terdapat pada masing-masing produk. Masyarakat sebagai Pelaku UMKM berkewajiban memperhatikan higienitas produk yang dihasilkan untuk menjamin kualitas makanan yang hendak dikonsumsi. Mengusut lebih lanjut permasalahan yang terjadi ini, maka Mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan sosialisasi lapangan kepada pelaku UMKM yang bertujuan untuk memastikan produk makanan yang dihasilkan memenuhi syarat dan ketentuan keamanan makanan.

Program yang diangkat oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip guna mengatasi permasalahan ini yakni berjudul Evaluasi dan Edukasi Mengenai Pentingnya Handling dalam Membuat Produk Makanan. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan UMKM “Lariss Bakery” dengan menerapkan beberapa disiplin kerja mulai dari memperhatikan peralatan yang digunakan hingga pengemasan produk dilakukan. Pada program ini diterapkan kunci keberhasilan untuk mendapatkan hasil akhir produk yang berkualitas diantaranya dengan menggunakan peralatan yang memenuhi standar, bahan baku yang berkualitas dan proses produksi dilakukan pada tempat yang terjaga kebersihannya. Selama program berlangsung Mahasiswa KKN Tim II Undip dan Pelaku UMKM berperan sebagai personel sehingga dipastikan berada pada kondisi yang sehat serta menggunakan perlengkapan seperti sarung tangan. Produk yang dihasilkan kemudian memasuki tahap pengemasan dan memenuhi beberapa kriteria seperti kemasan yang harus kedap udara untuk memperpanjang usia produk serta memiliki tanggal kedaluwarsa sebagai informasi masa konsumsi kepada konsumen.

Selama program ini berlangsung Mahasiswa KKN Tim II Undip membuat publikasi berupa video profile yang mencakup visualisasi kegiatan produksi makanan yang dilakukan oleh Pelaku UMKM dan dokumenter ditujukan kepada para calon konsumen sebagai bentuk branding dari produk yang dihasilkan supaya dapat meyakinkan para calon pembeli. Kegiatan ini diterima dengan baik dan mendapat respon yang positif dari Pelaku UMKM karena Masyarakat dapat memperoleh pengetahuan baru tentang cara mengolah bahan pangan sehingga menjadi suatu produk yang aman. Intensi kedepannya dari keberlangsungan program ini adalah kelak bermanfaat lebih untuk Masyarakat sebagai Pelaku UMKM dan juga terhadap Mahasiswa KKN Tim II Undip.

 

Penulis : Fahreza Ivannova Trisnandya, S1 Bioteknologi 2020, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing :  Juang Abdi Muhammad, S. AP., M. AP                                                                       

Lokasi : Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati