KKN TIM II UNDIP Dukung Pemerintah dalam Pengurangan Tingkat Stunting di Desa Cabak dengan “Sosialisasi 1000 HPK dan MPASI pada Ibu Balita”

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Cabak, Tlogowungu, Kabupaten Pati (12/07/2023) - Stunting merupakan kondisi kronis yang menggambarkan terhambatnya pertumbuhan karena malnutrisi jangka panjang yang ditandai dengan nilai indeks panjang badan (PB/U) atau tinggi badan dibanding umur (TB/U) dengan z-score kurang dari -2 SD. Di Indonesia, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menargetkan prevalensi angka stunting di tahun 2023 menjadi 17% dan tahun 2024 menjadi 14%. Camat Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati, Bapak Tony Indriarsa mengatakan bahwa target tingkat stunting di tahun 2024, yaitu zero stunting. Di Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, stunting masih menjadi perhatian. Bidan Desa Cabak, Ibu Wati mengatakan bahwa masih terdapat 8 balita dengan stunting di posyandu Desa Cabak.

 

Dalam mendukung zero stunting, bidan desa dan kader posyandu telah melakukan beberapa hal seperti pengukuran TB dan BB secara rutin setiap bulan serta pemberian PMT kepada ibu-ibu balita. Dengan adanya target tersebut, mahasiswa KKN TIM II UNDIP yang berada di Desa Cabak merancang kegiatan sosialisasi yang bertema “Sosialisasi 1000 HPK dan MPASI pada Ibu Balita”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2023 di posyandu 6 Dukuh Pangi, Desa Cabak pukul 09.00-selesai serta dihadiri oleh ibu balita. Rangkaian kegiatan dimulai dari penyampaian materi, pembagian leaflet, dan sesi tanya jawab. Topik yang disampaikan mengenai 1000 hari pertama kehidupan terhadap stunting, tekstur MPASI, dan resep MPASI yang dapat dicoba oleh ibu-ibu. Sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan antusias ibu balita dalam mengikuti kegiatan terlihat dari pertanyaan yang diberikan. Dengan adanya sosialisasi 1000 HPK dan MPASI pada Ibu Balita diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan perhatian ibu mengenai pentingnya menjaga masa kehamilan hingga 1000 hari pertama kelahiran bayi dan tingkat gizi anak sehingga tidak ada lagi anak stunting di Desa Cabak.

Penulis : Nanda Alivia Diapni, Ilmu Keperawatan (2020), Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing :  Juang Abdi Muhammad, S. AP., M. AP                                                                       

Lokasi : Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati