LAPORAN HASIL COKLIT PETUGAS PANTARLIH

  • Feb 16, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA, KEGIATAN

www.cabak-tlogowungu.desa.id. Pelaporan Petugas Pantarlih atas kerja dan pendataan pemilih diwilayah kerja masing-masing kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Cabak telah berlangsung pada hari ini Kamis, 16 Februari 2023 di Balaidesa Cabak.


Sebanyak 17 orang petugas pantarlih telah melaporkan semua pendataan yang telah dilakukan di wilayahnya. Hasil yang dilaporkan oleh masing-masing petugas adalah tentang pendapatan jumlah coklit kepada PPS. Pada laporan kali ini ada kurang lebih sebanyak 20% laporan pantarlih yang telah diterima oleh PPS.


Perlu juga diketahui, apa itu coklit? Coklit adalah salah satu kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP/Pantarlih)dengan menemui pemilih secara langsung dari rumah ke rumah oleh tiap petugas di wilayah kerja petugas pantarlih. Berkas yang harus disiapkan oleh warga adalah Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP sebagai bahan data oleh petugas. Petugas yang melakukan coklit bukanlah dari KPU, PPK, PPS, namun petugas Pantarlih di mana tokoh itu memiliki alamat secara resmi. Sehingga warga tidak salah menerima dan memberikan jawaban kepada petugas. 


Siapa itu Pantarlih? Pantarlih adalah petugas yang dibentuk oleh PPS atau PPLN untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih. Petugas Pentarlih juga berasal dari tempat tinggal domisili personil petugas di wilayah kerjanya.