Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Ikut Serta Pendampingan Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD N 1 Cabak

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Cabak, Tlogowungu, Kabupaten Pati (21/07/2023) – Kurikulum merupakan komponen penting dalam pendidikan karena sarana menuju tercapainya tujuan pendidikan. Tanpa kurikulum, pendidikan tidak akan berjalan sesuai dengan tujuan dan tanpa pedoman yang jelas, oleh karena itu tujuan pendidikan tidak akan tercapai secara efektif dan efisien. Perkembangan kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman dan masyarakat, karena masyarakat adalah sumber ilmu dan pengalaman.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Kurikulum Merdeka Belajar sudah mulai diimplementasikan pemerintah sejak tahun 2022. Kurikulum ini bertujuan menyederhanakan kurikulum sebelumnya yang terkesan rumit dan tidak bisa memenuhi capaian kompetensi peserta didik.

 

Guna mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di SD N 1 Cabak, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2023 ikut serta dalam pendampingan mengajar mengenai Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran. Sesuai dengan kaidah penerapan Kurikulum Merdeka pada siswa, pemberian Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi. Dalam berjalannya program tersebut, dilakukan praktik percakapan sederhana antar siswa berdasar ekspresi-ekspresi dasar yang diajarkan ke siswa, selain itu, siswa juga mengidentifikasikan arti “Pancasila” serta lambang-lambang yang tertera di Pancasila.

Dengan dilaksanakan program tersebut, diharapkan guru dan siswa siswi SD N 1 Cabak dapat melaksanakan dan menerapkan program Kurikulum Merdeka dengan baik.

Penulis: Nur’aini Lailatul Kodriyah (Program Studi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

DPL: Juang Abdi Muhammad., S. AP., M. AP.

Lokasi: Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati