MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO MEMBUAT PETA ADMINISTRASI DESA CABAK

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Pati (27/07/2023), Peta merupakan sebuah gambaran wilayah yang dimana terdapat informasi diletakkan dalam bentuk simbol-simbol. Peta dijadikan sebagai media informasi, bahkan peta dimanfaatkan untuk membantu pengambilan keputusan beberapa pihak. Beberapa dari peta mememliki fungsi lain yang berguna sebagai sarana untuk membantu proses diskusi pemahaman kondisi wilayah.

Peta desa dapat disajikan dalam bentuk cetak untuk memberikan informasi penting seputar desa seperti berupa batas wilayah, sarana prasarana, bangunan, penggunaan lahan, saluran air dan jalan. Sebuah desa tentu memiliki kriteria yaitu batas wilayah, kriteria tersebut termasuk kedalam salah satu unsur dalam peta desa sehingga perlu dilakukan pemetaan secara detail. Batas wilayah merupakan sebuah komponen penting. Pemetaan desa dilakukan sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial dan Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Berdasarkan uraian terkait pentingnya dari sebuah peta dalam wilayah desa, Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro melakukan program kerja pembuatan peta desa. Mahasiswa S1 program studi ilmu kelautan bernama Givari Abdillah Payapo yang biasa dipanggil dengan Givari berinisiatif untuk melakukan pembuatan peta Desa Cabak. Peta Desa Cabak yang dibuat oleh Givari bertujuan untuk memberikan wawasan atau informasi terkait wilayah Desa Cabak. Pembuatan peta meliputi beberapa informasi didalamnya seperti informasi dukuh, fasilitas, bangunan, lahan, jalan, dan saluran air.

Pembuatan peta Desa Cabak menggunakan bantuan software QGIS versi 3.22.10. Software QGIS memiliki kelebihan seperti dapat membuka banyak jenis data spasial atau bersifat open source. Pembuatan peta melalui QGIS tidak perlu membutuhkan biaya dalam proses instalasi dan penggunaan program. Peta Desa Cabak diolah menggunakan bantuan software QGIS dan kemudian dicetak dalam bentuk kertas poster ukuran A2. Diharapkan dengan adanya peta desa yang terdapat di balai Desa Cabak ini memberikan wawasan dan informasi nantinya kepada para masyarakat maupun pengunjung Desa Cabak

Penulis : Givari Abdillah Payapo, S1 Ilmu Kelautan 2020, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing     :  Juang Abdi Muhammad, S. AP., M. AP

Lokasi : Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati