Mahasiswa KKN UNIDP Mendukung Pemberdayaan UMKM “Lariss Bakery” di Desa Cabak Melalui Digital Marketing dan Penambahan Pengenalan Produk

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Cabak, Tlogowungu, Kabupten Pati (16/07/2023) – Pemberdayaan Sosial merupakan proses penguatan masyarakat secara aktif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip keadilan sosial. Adapun tujuan dari pemberdayaan sosial tersebut adalah keadaan yang ingin dicapai baik dari suatu perubahan sosial yang mana menjadi masyarakat yang lebih berdaya, memiliki kekuasaan juga pengetahuan dan kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya lebih baik lagi.

Berdasarkan hasil survei lapangan, salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Cabak Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro melakukan pemberdayaan sosial pada Pelaku UMKM “Lariss Bakery” di Desa Cabak. Pemberdayaan dilakukan dengan adanya pelaku UMKM belum dapat mengupdate produk yang mereka jalankan. Mereka berpendapat bahwa melakukan pengembangan itu sangat susah kalau produk yang mereka jalankan belum balik modal.

Agar dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya mengembangkan produk yang mereka kelola dengan adanya digitalis marketing dan pengenalan produk yang lebih luas, mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023, Nur’aini Lailatul Kodriyah yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyelenggarakan program kerja monodisiplin berjudul “Pemberdayaan UMKM “Lariss Bakery” Desa Cabak” dengan adanya pendampingan Aplikasi Instagram bentuk digital marketing UMKM “Lariss Bakery”. Dan adanya Pengenalan produk melalui Banner pemasaran guna masyarakat luas dapat mengenali Produk “Lariss Bakery”. Program ini bertujuan untuk mewujudkan poin SDG’s yakni Mendukung Keberlangsungan Pemberdayaan UMKM Masyarakat.

Dalam pelaksanaan program tersebut, mahasiswa melakukan edukasi dengan pembuatan akun instagram, email untuk menjadi salah satu tirk penjualan dengan menggunakan teknik digital. Pelaksanaan program tersebut dilaksanakan dengan mendatangi langsung pelaku UMKM “Lariss Bakery” di Desa Cabak. Mahasiswa menyampaikan teknik penjualan dan juga menyampaikan manfaat serta tujuan dari digital marketing dan juga banner pengenalan produk agar masyarakat luas dapat mengakses dan mengetahui produk “Lariss Bakery” dengan mudah.

Dengan dilaksanakan program pemberdayaan UMKM ini, diharapkan pelaku UMKM di Desa Cabak mendapatkan wawasan serta dapat memahami mengenai pentingnya digital marketing seiring dengan perkembangan zaman yang sangat memerlukan teknologi digital untuk dapat mengoperasikan dan keberlangsungan usaha masing-masing.

Penulis: Nur’aini Lailatul Kodriyah (Program Studi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

DPL: Juang Abdi Muhammad., S. AP., M. AP.

Lokasi: Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati