Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Melakukan Pembuatan Peta Informasi Persebaran Fasilitas Publik di Desa Cabak

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Pati (10/08/2023) - Peta adalah sebuah sarana perencanaan dasar dari pembangunan berkelanjutan, sehingga eksistensi peta desa atau kelurahan dalam ranah lingkungan administrasi publik sangatlah penting. Peta informasi persebaran fasilitas publik merupakan jenis peta yang menggambarkan informasi keberadaan letak atau posisi dan jenis fasilitas publik apa saja yang terdapat di suatu wilayah. Dengan adanya pemetaan informasi persebaran fasilitas publik tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui sarana dan prasarana apa saja yang ada. Dengan dibuatnya peta informasi persebaran fasilitas publik ini diharapkan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan fasilitas desa dalam menunjang kegiatan dan aktivitas masyarakat.

Pada pelaksanaan pembuatan peta administrasi terdapat beberapa tahapan yang dilakukan. Tahapan pertama berupa pengumpulan data dan survei baik secara primer berupa survei lapangan secara langsung dengan wawancara perangkat desa maupun sekunder dengan meminta data dari balai desa serta analisis dokumen. Kemudian dilanjutkan dengan proses sinkronisasi data sesuai gambaran yang diperoleh dari Peta Rupa Bumi Indonesia. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) yaitu software QGIS. Kemudian peta informasi persebaran fasilitas publik dicetak dalam ukuran A4 sebanyak 2 lembar. Dan yang terakhir berupa prosesi penyerahan peta informasi persebaran fasilitas publik ke pihak Desa Cabak.

Penulis : Rijois Rianto Panjaitan , S1 Administrasi Publik PSDKU K. Rembang 2020, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing :  Juang Abdi Muhammad, S. AP., M. AP

Lokasi : Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati