Mengenal Lebih Dalam Kondisi Desa Cabak Melalui Infografis Kependudukan

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Pati (10/08/2023) – Program pemerintah dalam mencapai pembangunan berkelanjutan yaitu SDG’s sedang digencarkan pada semua aspek. Salah satu hal yang dapat mendukung adanya pembangunan berkelanjutan adalah tersedianya data yang sesuai dengan kondisi wilayah. Pembuatan infografis kependudukan diperlukan untuk mengevaluasi kondisi kependudukan, pendidikan, kemiskinan, dan indikator SDG’s yang lain.

Mahasiswa KKN Tim II dari Universitas Diponegoro telah berhasil membawa sebuah inovasi dalam bentuk "Infografis Kependudukan" ke Desa Cabak. Informasi mengenai karakteristik dan komposisi penduduk suatu wilayah berguna untuk pengambilan keputusan kebijakan, perencanaan pembangunan, dan mengalokasikan anggaran yang efektif di wilayah tersebut. Dengan tersedianya dasar penilaian pembangunan nasional dan pembangunan manusia serta dasar perencanaan di berbagai daerah merupakan keuntungan memiliki infografis kependudukan. Infografis adalah data yang disajikan  media dalam bentuk media grafis yang memudahkan masyarakat untuk melihat kondisi di lingkungannya. Infografis juga penting untuk pengambilan keputusan di sektor demografis, ekonomi, sosial dan pemerintahan.

Mahasiswa KKN tim II dari Universitas Diponegoro berdiskusi dengan Bapak Suntari selaku Kaur Pemerintahan di Desa Cabak untuk memperoleh data mentah berupa jumlah rumah, jumlah kepala keluarga, jumlah penduduk, jumlah penduduk menurut kelompok usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan. Data mentah yang diperoleh divisualisasikan dengan menggabungkan teks, gambar, grafik, dan ilustrasi dan yang kemudian dicetak dalam bentuk poster.

 

Penulis : Rijois Rianto Panjaitan , S1 Administrasi Publik PSDKU K. Rembang 2020, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing :  Juang Abdi Muhammad, S. AP., M. AP

Lokasi : Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati