Mengenalkan Digital Marketing Kepada UMKM, Mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan Penerapan Digital Marketing sebagai ladang usaha

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Pati (19/07/2023) Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan manusia untuk melakukan segala kegiatan. Salah satunya digital marketing, Digitalisasi marketing UMKM merupakan perubahan dari sistem konvensional ke digital sebagai upaya didalam peningkatan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan operasional UMKM. Digitalisasi UMKM membuat pelaku usaha UMKM mengubah pengelolaan bisnisnya dari praktik konvensional ke modern.

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP tahun 2023 yang ditempatkan melaksanakan kegiatan KKN di Kabupaten Pati, Kecamatan Tlogowunggu, Desa Cabak. Mayoritas penduduk di desa ini memiliki mata pencaharian sebagai petani dan memiliki usaha mikro kecil salah satunya UMKM R.N bolu kering. Permasalahan yang dialami oleh para pelaku UMKM R.N bolu kering yaitu di dalam memasarkan dagangannya hanya mengandalkan berjualan secara langsung seperti berkeliling dipasar, menitipan ke toko-toko, dan menawarkannya di tetangga sekitar saja. Kendala tersebut secara umum diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai digitalisasi marketing. Program ini diusulkan sebagai bentuk pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan perekonomian, mengembangkan pasarnya menjadi jauh lebih luas dan kesejahteraan masyarakat desa Cabak khususnya Pelaku UMKM R.N bolu kering.

Dalam pelaksanaan pendampingan UMKM R.N bolu kering dilaksanakan kurang lebih 40 hari terhitung mulai dari 6 juli sampe 12 agustus 2023. Materi yang diberikan kepada pelaku UMKM R.N bolu kering disampaikan secara ringkas sehingga pelaku UMKM R.N bolu kering mudah mengerti dan memahami dan dapat mengaplikasikan secara langsung sesuai dengan apa yang diajarkan. Pelaku UMKM R.N bolu kering diberikan pelatihan tentang manfaat media sosial sebagai peluang usaha dan sebagai media pemasaran produk yang mereka pasarkan. Tidak hanya saja pelaku UMKM R.N bolu kering juga berikan pelatihan tentang cara memaksimalkan penggunaan media sosial didalam mengembangkan usaha.

Dalam pengembangan UMKM R.N bolu kering dimulai dengan pembuatan desain logo, karena logo yang dimiliki sebelumnya tidak menarik perhatian pelanggan dan kurang menarik. L ogo yang dibuat juga mempresentasikan identitas dari produk R.N Bolu kering itu sendiri dan memiliki ciri khas tersendiri lalu dilanjutkan dengan pembuatan desain banner.

Setelah melakukan foto produk untuk postingan di media sosial dilanjutkan dengan pembuatan akun Instagram bisnis sebagai pengembangan UMKM R.N bolu kering supaya dapat memeperluas pasar. Di dalam menarik minat konsumen dilakukannya penataan feeds instagram yang unik dan menarik para konsumen. Tidak hanya itu juga ditambahkan tentang beberapa informasi sehingga dapat memudahkan konsumen dalam mencari tau mengenai harga dan menu yang tersedia.

Pendampingan pada UMKM yang dilakukan mendapatkan respon positif dari pelaku UMKM R.N bolu kering. Mbak Sri selaku pemilik UMKM R.N bolu kering merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN Tim II UNDIP mau mengajarkan bagaimana memanfaatkan digital marketing UMKM miliknya. Program ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan UMKM agar dapat terus berkembang.

Penulis : Rizky Praria Laharu, S1 Administrasi Publik 2020, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universita Diponegoro

Dosen Pembimbing :  Juang Abdi Muhammad, S. AP., M. AP                                                                       

Lokasi : Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati