Musyawarah Perencanaan Desa (MUSRENBANGDES) sebagai langkah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Des) Tahun 2024

  • Oct 25, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA, PEMERINTAHAN

Selasa, 10 Oktober 2023, Pemerintah Desa Cabak Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Desa (MUSRENBANGDES) sebagai langkah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Des) Tahun 2024 yang di tempatkan di Aula Balai Desa.

 

Musrenbangdes merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam  jangka waktu satu tahun atau satu periode. 

Musrenbangdes ini dihadiri oleh Perwakilan Camat Kecamatan Tlogowungu, beserta jajarannya, Lembaga Desa, elemen dan unsur masyarakat dan tentunya Kepala Desa Cabak Suroto,SH.,MH beserta perangkat desa.

 

Musrenbangdes tersebut melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan seperti BPD, RT, RW, LPMD, KPMD, PKK, Kader Kesehatan, Karang Taruna, Poktan, Gapoktan, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama, serta pemerintah desa dengan tujuan untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan di wilayah masing-masing untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, BanProv, Bantuan Kabupaten (PBK), Bagi Hasil Pajak (PBH) dan sumber dana lainnya.

 

Dalam berbagai sambutan yang ada, ada berbagai sambutan yang penting yaitu dari Pendamping Desa Kecamatan Tlogowungu Sudadi menyampaikan pokok penting dalam pemanfaatan anggaran Dana Desa 2024 anatara lain, Program Jamaninan Kesehatan Masyarakat, Bantuan Langsung Tunai (BLT), PKT, Penanganan Stunting, Oprasional Desa, Ketahanan Pangan dalam hal ini guna penanganan Penyakit TBC, Pencegahan Narkoba.

Untuk sambutan penting selanjutnya dari Polsek Tlogowungu yang diwakili oleh Wakapolsek Tlogowungu untuk ikut mengawasi anak-anak kita agar terjauh dari Bullying, Narkoba dll. Wakil dari Koramil Tlogowungu juga menyampaikan pentingnya perawatan Pembangunan oleh masyarakat. Adm