Pentingnya Visualisasi Data, Mahasiswa KKN UNDIP Sajikan Infografis Data Lansia di Desa Cabak

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Pati (1/8/2023) – Data kependudukan menjadi data penting yang dapat digunakan untuk menentukan kebijakan dalam pelayanan publik, salah satunya mengenai data lansia. Penduduk lansia (lanjut usia) di Desa Cabak memiliki potensi untuk berkontribusi dalam pembangunan, akan tetapi penduduk lansia kurang banyak mendapat perhatian. Keberadaan lansia terkadang lebih dianggap sebagai beban dan rentan ditelantarkan. Jumlah penduduk lansia dari tahun ke tahun terus meningkat, akan tetapi belum ada data terpilah untuk penduduk lanjut usia sehingga membuat penduduk lansia seringkali tidak menjadi pertimbangan prioritas dalam penyusunan kebijakan nasional.

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan perangkat desa, didapati bahwa sudah terdapat data kependudukan, namun belum ada visualisasi yang dibuat untuk dapat ditaruh di Kantor Balai Desa Cabak. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNDIP mengusulkan program kerja yaitu pembuatan infografis data lansia berdasarkan data yang telah dimiliki oleh desa.

Infografis merupakan media informasi yang disajikan dalam bentuk teks yang dipadukan dengan beberapa elemen visual seperi gambar, ilustrasi, grafik, dan tipografi yang dikemas dengan desain yang menarik. Infografis yang dibuat berupa poster yang berisikan data lansia Desa Cabak tiga tahun terakhir berdasarkan tiga pembagian kelompok usia lansia.

Program kerja ini dilakukan pada minggu ke-4 di Balai Desa Cabak yang dilakukan dengan pendataan dan koordinasi dengan salah satu perangkat, pemilahan dan penyajian data, kemudian penyerahan dan pemasangan dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2023. Dengan terlaksananya program ini, diharapkan dapat membantu perangkat dalam menganalisis dan memudahkan masyarakat untuk mengetahui jumlah data lansia yang ada di Desa Cabak, serta dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan dan pembuatan program di masa yang akan datang.

Penulis : Affa Bunga Sari, S1-Administrasi Publik (2020), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Juang Abdi Muhammad, S.A.P., M.A.P.

Lokasi : Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati