Wujudkan Good Governance, Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Optimalisasi Pelayanan Publik Melalui Penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) dan Daftar Menu Pelayanan Administrasi

  • Aug 14, 2023
  • CABAK-TLOGOWUNGU
  • BERITA

Pati (1/8/2023) - Sistem birokrasi di Indonesia terus melakukan reformasi dalam mewujudkan terciptanya good governance. Hal tersebut membuat tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang prima meningkat. Pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik menjadi tugas penting pemerintah sebagai penyedia layanan. Optimalisasi pengelolaan administrasi desa menjadi aspek penting dalam pembangunan desa.

Pelayanan administrasi adalah pelayanan yang menghasilkan bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan oleh publik. Mahasiswa Tim II KKN UNDIP, Affa Bunga Sari telah melaksanakan program kerja optimalisasi pelayanan administrasi Desa Cabak dalam mewujudkan good governance. Program ini turut mendukung salah satu poin Sustainable Development Goals, yaitu Partnerships for The Goals (kemitraan untuk mencapai tujuan), sebab program ini mendukung terbentuknya tata kelola pemerintahan yang baik, khususnya dalam pelayanan publik melalui kemitraan antara pihak pemerintah desa, masyarakat, dan dalam hal ini mahasiswi KKN UNDIP.

Program kerja diawali dengan kegiatan observasi keadaan administrasi Desa Cabak. Balai Desa Cabak masih minim informasi mengenai alur pelayanan dan persyaratan yang diperlukan dalam melakukan kepengurusan administrasi sehingga terkadang ketika masyarakat datang ke Kantor Balai Desa Cabak untuk mengurus keperluan administrasi masih belum lengkap persyaratannya. Hal tersebut tentu membuat proses pelayanan menjadi kurang efisien dan efektif karena baik dari pihak balai yang harus menjelaskan kembali persyaratan yang harus dibawa dan pihak masyarakat yang harus pulang kembali untuk mengambil atau mengurus persyaratan yang kurang.

Program ini diselenggarakan di Kantor Balai Desa Cabak pada minggu ke 4, 5, dan 6 dengan membantu perangkat desa dalam kegiatan piket administrasi, penyusunan alur pelayanan, dan pembuatan daftar menu pelayanan. Dalam penyusunan hal tersebut, mahasiswa KKN UNDIP bekerja sama dengan Perangkat Desa Cabak, yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kasi Pemerintahan. Dimulai dari koordinasi alur pelayanan, daftar menu dan syarat yang dibutuhkan dalam pengurusan administrasi, hingga pembuatan desain.

Pada tanggal 1 Agustus 2023, program Program Alur Pelayanan dan Daftar Menu Pelayanan Administrasi Balai Desa Cabak selesai dilaksanakan. Penyerahan booklet dan pemasangan poster Alur Pelayanan dan Daftar Menu Pelayanan Administrasi mendapatkan apresiasi dari perangkat desa dan masyarakat desa yang pada waktu itu hendak mengurus beberapa dokumen administrasi. Mereka merasa senang karena adanya hal tersebut sangat membantu dalam mengurus dokumen administrasi karena prosedurnya telah dibuat secara tertulis dan jelas.

Penulis : Affa Bunga Sari, S1-Administrasi Publik (2020), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Juang Abdi Muhammad, S.A.P., M.A.P.

Lokasi : Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati